Kesenian Khas Cirebon

Cirebon adalah salah satu kota seni yang berada di provinsi jawa barat,berikut ini adalah beberapa kesenian khas cirebon:

1.Masres / Sandiwara
Sandiwara

Sandiwara adalah kesenian teater yang yang berkembang di cirebon sejak tahun 1945,di dalamnya ada tarian seperti tari serimpi,tari budaya dan di lanjutkan dengan cerita yang di ambil dari babad cirebonan/cerita rakyat.
Waditra yang di gunakan adalah rancak bonang,kemyang,saron,tilil,penerus,gong,gendang,seruling dan sebagainya.sampai saat ini sandiwara masih di lestarikan oleh masyarakat cirebon dan sekitarnya,biasanya di tampilkan di acara syukuran panen dan acara pesta pernikahan masyarakat pedesaan.
Sedangkan di perkotaan sandiwara hanya di tampilkan pada acara acara tertentu saja,seperti hari ulang tahun kota dan pementasan seni budaya.

2.Tari Topeng
Tari Topeng cirebon

Tari topeng merupakan salah satu kesenian yang sampai saat ini masih di lestarikan,tari topeng memiliki lima babak tarian yaitu panji,samba,tumenggung,kelana dan rumyang.dan adda beberapa gaya yang memiliki ciri khas masing masing,yakni tari topeng dari daaerah losari,palimanan dan dari daerah gegesik.

3.sintren
Sintren

Kesenian sintren ini di perankan oleh seorang gadis dan di bantu oleh pawang di iringi gending sebanyak 6 orang.gadis tersebut di masukan ke dalam kurungan ayam yang besellubung kain,dalam kondisi badan tangan dan kaki terikat tali.kemudian  sang pawang berjalan mengelilingi kurungan ayam sembari membaca mantra,dan ketika kurungan ayam di buka sang gadis tersebut sudah terlepas dari ikatan dan berdandan cantik,kemudian sang gadis menari dalam kondisi tidak sadar dan di iringi oleh gending.
Kesan magis dalam kesenian sintren ini memang sangat kuat,termasuk ketika penonton melemparkan uang ke tubuh sang penari dan dengan seketika sang penari roboh dengan sendirinya.

4.Lukisan kaca
Lukisan kaca

Lukisan kaca sudah terkenal di cirebon sejak abad 17.lukisan ini di kenal sebagai media dakwah pada masa panembahan ratu dan sangat berpengaruh dalam penyebaran agama islam lukisan ini berbentuk tulisan kaligrafi dan gambar pewayangan.
Ciri khas lukisan ini di tulis di atas media kaca menggunakan cat,pengaruh kaligrafi di karenakan dalam menyiarkan agama islam,dan banyak ulama yang melantunkan ayat-ayat suci alquran dan hadist.sedangkan gambar wayang pada lukisan ini menampilkan tokoh-tokoh wayang seperti ardjuna,kresna,rama,lesmana dan lain-lain,ikon lain dari lukisan kaca ini adalah kreta singa barong dan motiv mega mendung.

5.Buroq
Buroq

Seni Buroq lahir pada tahun 1920 di desa kalimaro, kecamatan babakan kecamatan cirebon, pencipta burok yang bernama bapak ta'al, genjring buroq adalah seni helaran atau parade terutama dalam acara khitanan untuk menyebarkan pengguna sunat yang digunakan dalam seni buroq ini ada. 4 jenis genjring, gong, gitar dan biola. Boneka boneka Buroq terdiri dari kuda bersayap dan kepala wanita cantik, lalu ditambah dengan ondel ondel dan macan tutul. Literatur buroq ini masih digunakan oleh kelompok khusus dan terlatih, sampai sekarang. Kesenian burok ini masih dipelihara oleh masyarakat Cirebon sebagai pesta pesta.

6.Tayuban
Tayuban

Tayuban merupakan kesenian yang lahir di lingkungan kraton dan di gunakan untuk menghormati tamu-tamu agung dan acara penting di lingkungan kraton,waditra yang di gunakan adalah laras pelog,gendang,bedug,saron,donang dan sebagainya.wiyaga berjumlah 15 orang,busana wiyaga bendo,baju taqwa,kain batik,celana sontok,busana ronggeng kembang goyang,melati suren,sanggung bokor,cinatok,sangsangan,krestagen dan alat perhiasan.acara ini biasanya di adakan pada acara pelakrama agung (perkawinan keluarga sultan),tanggap warsa(pengantin tahun),peringatan ulang tahun,papakan,sunatan putra dalem dan acara tradisi lainya.

7.Gamelan Renteng
Gamelan renteng

Gamelan renteng yang pertama sampai sekarang masih ada dan tersimpan di museum kraton kasepuhan,konon gamelan ini hadiah dari kerajaan mataram pada masa pemerintahan sunan gunung jati syech maulana sarief hidayatullah.tabuhan renteng berfungsi sebagai tabuhanuntuk upacara adat terutama untuk menyambut tamu agung,selain itu juga di gunakan untuk alat dakwah dalam menyebarkan agama islam.Waditra yang di gunakan dalam kesenian ini adalah kromong(bonang kecil)14 buah,kromong(bonang gede)19 buah,panglima 5 buah,gendang besar 1 buah,gendang kecil 1 buah,tutukan(keblug)2 buah,gong besar dan kecil 2 buah serta kecrek(ecek ebres).

8.Angklung Bungko
Angklung bungko

Tari adalah seni Bungko Delhi dari desa-desa Bungko Kapetakan cirebon.waditra kabupaten yang digunakan adalah drum, perkusi, lenong dan gong, urutan tari tarian Bungko bendera, benteleye, bebek dan ayam berakar tari Bungko alas.kesenian dilakukan di peristiwa ADT di pedesaan, seni ini sangat kuat dengan budaya pesisir dan seni tidak heran ini adalah salah satu pertunjukan yang diperlukan dalam hal kucing di Acheh oleh warga masyarakat untuk nelayan.sementara Delhi Bungko seni lainnya dibawa ke kunjungan ritual besar.

9.Gembyung
Gembyung

Kesenian gembyung merupakan salah satu kesenian peninggalan para wali di cirebon,seni ini merupakan pengembangan dari kesenian terbang yang hidup di lingkungan pesantren,konon kesenian ini sering di gunakan oleh para wali.Seni gembyung ini biasa di pertunjukkan oleh sunan bonang dan sunan kalijaga pada upacara kegiatan agama islam.gembyung merupakan jenis musik ensambel dan di dominasi alat musik yang di sebut waditra.
Bagikan artikel ini..!!
Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai sewa mobil dan paket tour cirebon.Kami siap melayani anda untuk berbagi informasi atau pemesanan jasa kami.
Whatsapp

WISATA DOMESTIK
kembali ke atas
Copyright © 2017. Trans Wisata Cirebon | Sewa Rental Mobil Cirebon | Paket Tour Wisata Cirebon - Tour And Travel.All right reserved